2 Cara Melihat Arsip di Gmail dengan Mudah

Sebelum membahas cara melihat arsip di Gmail, penting untuk memahami apa itu arsip dan mengapa ini penting.

Arsip adalah fitur di Gmail untuk menghilangkan pesan dari inbox Anda. Dengan memanfaatkan arsip, Anda dapat menjaga kotak masuk tetap rapi dan mudah dikelola, namun informasi penting tetap tersimpan dan dapat ditemukan dengan mudah.

Sekedar informasi tambahan. Semua email di Gmail akan ditempatkan pada folder “All Mail” / “Semua Email”.

Kemudian, secara default, email yang baru masuk akan diberi label “Inbox” dan akan terlihat di menu “Inbox” / “Kotak Masuk”. Padahal secara fisik, email tersebut tetap berada di folder “All Mail” / “Semua Email”.

Nah, ketika kita mengarsipkan sebuah email, kita sebenernya hanya membuang label “Inbox” dari email tersebut, sehingga email tersebut tidak akan terlihat lagi di menu “Inbox” / “Kotak Masuk”. Tetapi sekali lagi, fisik email tetap berada di folder “All Mail” / “Semua Email”.

Cara Melihat Arsip di Gmail via “All Mail”

Seperti yang sudah kita bahas di atas, arsip menghilangkan ‘label inbox’ dari sebuah pesan. Ketika ‘label inbox’ dibuang, maka pesan tersebut tidak akan terlihat di menu “Inbox” / “Kotak Masuk”. Tetapi, karena secara fisik pesan tersebut berada di folder “All Mail” / “Semua Email”, maka untuk menemukan email yang telah diarsip adalah dengan cara membuka menu “All Mail” / “Semua Email”.

Di Laptop / PC

  1. Buka gmail.com.
  2. Login menggunakan alamat email Anda.
  3. Pada panel sebelah kiri, klik “More” / “Selengkapnya”.
  4. Pilih menu “All mail” / “Semua Email”.
  5. Cari email yang Anda butuhkan.

Cara Melihat Arsip di Gmail di HP

  1. Buka aplikasi Gmail.
  2. Pastikan sudah login ke alamat email yang tepat.
  3. Klik menu tiga baris di pojok kiri atas.
  4. Pada panel “Semua label”, pilih menu “Semua email” / All mail”.
  5. Temukan pesan yang ingin Anda cari.

Mencari Pesan yang Diarsip dengan Fitur Pencarian

Cara melihat arsip di Gmail melalui folder “All mail” bisa jadi sangat merepotkan, karena kita harus mencari pesan tersebut secara manual di antara ratusan bahkan ribuan email lainnya.

Nah, cara melihat arsip di Gmail yang selanjutnya adalah dengan menggunakan fitur pencarian.

Caranya sangat mudah. Pada kolom pencarian, ketik judul atau kata-kata yang terdapat pada email yang akan Anda cari. Gmail akan menampilkan pesan-pesan yang memiliki kesamaan dengan apa yang telah Anda ketikkan.

Cara Memindahkan Email yang Diarsip Kembali ke Inbox

Mengembalikan email yang telah diarsip sangatlah mudah. Kita tinggal menambahkan label inbox ke email tersebut, maka email akan terlihat kembali di kotak masuk. Berikut adalah caranya:

Di HP

  1. Temukan arsip yang diinginkan.
  2. Buka email tersebut.
  3. Klik tombol tiga titik di pojok kanan atas.
  4. Pilih “Pindahkan ke Kotak Masuk” / “Move to Inbox”.

Di Laptop / PC

  1. Temukan email yang telah diarsip.
  2. Buka emai tersebut.
  3. Klik ikon “Move to Inbox” / “Pindahkan ke Kotak Masuk” (arahkan mouse ke ikon menu di bagian atas untuk mengetahui fungsi dari masing-masing ikon).

Penutup

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda dapat dengan mudah menemukan email yang diarsipkan di Gmail. Manfaatkan fitur pencarian, filter, dan label untuk mengoptimalkan pencarian.

Ingat: Email yang diarsipkan tidak akan dihapus secara otomatis. Anda dapat memindahkannya kembali ke inbox, menghapusnya secara permanen, atau menandainya sebagai spam – abiZaya.id


Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *